Review Honor 7S: Smartphone Layak Beli di Kelasnya

Kehadiran Honor di Indonesia telah mengundang banyak perhatian para pengguna smartphone di Indonesia yang ditunjukkan lewat keberhasilan penjualan beberapa samrtphone yang dirilisnya.

Honor 7S menjadi salah satu smartphone yang juga mampu mendulang sukses pada penjualan perdananya.

Dibanderol dengan harga yang bersahabat, Honor 7S berusaha mencuri pangsa pasar Xiaomi Note 5. Bahkan di beberapa bagian, fitur yang dimiliki Honor 7S mampu mengungguli samrtphone milik Xiaomi tersebut.

Honor 7SBrief Spec

  • Tanggal Rilis    9 Juli 2018                   
  • RAM/ROM    2GB/16GB                   
  • Prosesor    Mediatek 6739                   
  • OS    Android 8.1 oreo                   
  • Layar    5,45 inci 18:9                    
  • Kamera    13MP (Rear) + 5MP (Front)                   
  • Harga    Rp1.599.000                   
  • Fitur Utama    Loud Voice Call                   
  • Baterai    3.020 mAh                   

Bagaimana performanya? Saya coba sajikan dalam ulasan berikut:

Kinerja
Untuk ulasan pertama sengaja saya akan memaparkan bagaimana kinerja smartphone Honor 7S karena buat saya hal pertama yang perlu diketahui adalah bagaimana sebuah smartphone mampu bekerja dengan baik untuk menunjang aktivitas harian penggunanya.

Menyasar segmen entry level dengan banderol Rp1.599.000 Honor 7S dibekali dengan prosesor Mediatek MT6739 yang dilengkapi dengan RAM 2GB dan kapasitas penyimpanan internal seluas 16GB. Slot kartu Micro SD pada Honor 7S mampu membaca data hingga 256GB.

Untuk pengoperasian handset, Honor 7S mengusung sistemn operasi Android Oreo 8.1.

Dengan dukungan konfigurasi hardware tersebut membuat smartphone ini cukup leluasa untuk ditanamkan berbagai aplikasi social media untuk kebutuhan eksistensi soasial di dunia digital bagi penggunanya.

Peralihan dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya cukup mampu berjalan secara nyaman.

Secara teknis saya juga coba mengukur kinerja hardware Honor 7S dengan aplikasi AnTuTu Benchmark dan Geekbench sekedar untuk mengetahui berapa skor yang didapat meskiopun bagi pengguna yang terpenting adalah bagaimana pengalaman mereka saat menggunakan smartphonenya.

Berdasarkan hasil pengukuran menggunakan aplikasi AnTuTu Benchmark dalam kondisi baterai 100 persen terisi full skor yang didapat Honir 7S sebesar 46369. Sedangkan berdasarkan pengukuran menggunakan aplikasi Geekbench, skor yang didapat adalah 655 (single core) dan 1819 (multi core).

Baterai
Honor 7S dilengkapi dengan kapasitas daya baterai yang besar, yaitu 3020mAh yang didukung oleh fitur manajemen baterai-pintar Honor.

Hal ini berarti pengguna ponsel dapat menikmati Honor 7S sepanjang hari tanpa khawatir mengisi ulang baterainya.

Fitur
Yang menarik dari Honor 7S yang mungkin dilupakan oleh vendor lain dalam menghadirkan smartphonenya adalah adanya fitur powerful receiver dengan fungsi “Loud Voice Call” memastikan bahwa panggilan telepon masuk dapat diterima dengan keras dan jelas.

Dengan fitur tersebut, output audio yang mampou dihasilkan oleh Honor 7S akan lebih jernih 1,5 kali.

Di era layanan data memang pengguna smartphone sebagian besar lebih banyak memanfaatkan layanan chatting ataupun messaging. Namun demkian layanan voice tentu saja masih belum ditinggalkan sehingga keberadaan fitur ini sangat membantu.

Saya coba mengujinya di sebuah café dekat kantor dengan suasana yang cukup riuh mengingat ada penampilan live music di tempat itu. Benar saja, suara yang mampu diterima oleh Honor 7S dapat didengar sangat jelas, gemuruh music yang ada di sekitar tidak mengganggu panggilan telepon yang saya lakukan di tempat itu.