Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Beli Laptop Gaming

Berikut ini kami akan membahas seputar tips dan trik memilih laptop gaming yang baik dan benar. Nah, bagi kamu yang hendak membeli sebuah laptop gaming, 5 hal berikut patut kamu pertimbangkan selain kecepatan prosesor yang dimiliki perangkat incaranmu.

Laptop Gaming

1. Tipe prosesor laptop
Tidak seperti pada PC dimana CPU-nya dapat diganti sesuai keinginan pengguna, di perangkat laptop pengguna tidak dapat mengganti prosesor karena telah menyatu dengan motherboard. Oleh karena itu, sebaiknya kamu memperhatikan tipe prosesor yang digunakan pada laptop incaranmu.

Saat ini, laptop dengan prosesor buatan Intel yakni Core i5 atau i7 generasi ke 7 atau yang lebih tinggi sudah dapat menjalankan berbagai game berat dengan mulus. Pastikan kamu memilih laptop dengan prosesor berlabel MQ atau HQ (contoh : i7-6700HQ) dan bukan yang berlabel "U" karna tipe ini tidak diperuntukkan untuk gaming.

Contohnya Asus seri Zenbook dan Asus seri ROG yang walaupun dibekali prosesor yang sama yakni  Intel Core i5/i7 tetapi dalam hal penggunaan kedua seri tersebut berbeda. Asus Zenbook lebih ditujukan ke urusan multimedia dan ROG lebih cocok digunakan untuk aktivitas gaming.

Jika kamu lebih menyukai prosesor buatan AMD, kamu bisa mempertimbangkan seri A8, A10 dan FX. Pasalnya, prosesor tersebut memiliki kecepatan serta kemampuan menjalankan game-game berat masa kini.

2. VGA
VGA merupakan salah satu komponen yang penting jika kamu berniat membeli laptop gaming. Berbeda dengan prosesor yang bertugas dalam urusan menjalankan aplikasi, VGA mempunyai tugas menangani urusan grafis game yang sedang kamu jalankan.

Jadi, walaupun laptop yang kamu incar memiliki prosesor berkecepatan tinggi tentu akan mubazir jika VGA yang digunakan tidak cocok untuk bermain game berat. Contohnya pengolah grafis butan Intel yaitu Intel HD yang lebih cocok untuk aktivitas ringan.

Oleh karena itu, sebaiknya kamu memilih laptop dengan pengolah grafis buatan Nvidia seri GTX atau VGA buatan AMD yakni Radeon seri R7 230 atau R9 ke atas.

3. Memori
Dalam hal ini, memori bertugas menyimpan game maupun progres dari game yang kamu mainkan. Bukan hanya itu, memori berperan penting untuk memacu agar game yang sedang dibuka dapat berjalan dengan mulus dan cepat tanpa lag.

Pada dasarnya, memori mengandung 2 arti yakni penyimpanan yang biasa dikenal dengan HDD dan SSD serta RAM. Keduanya memiliki fungsi yang berbeda namun berperan penting dalam membuat game yang dibuka berjalan dengan lancar.

HDD dan SSD memiliki fungsi menyimpan game dan oleh karena itu sebaiknya kamu memilih kapasitas penyimpanan yang besar pula. SSD memiliki kecepatan read dan write yang lebih cepat ketimbang HDD dengan harga yang lebih mahal pula.

Saat ini, beberapa laptop gaming menggunakan kombinasi HDD berkapasitas 1TB dan SSD 128GB. Jika kamu menginginkan performa yang lebih baik, kamu bisa menambah kapasitas SSD laptop kamu untuk digunakan penyimpanan game.

Lain halnya dengan RAM yang berfungsi sebagai penyimpanan aplikasi yang sedang berjalan dan bersifat sementara. Oleh karena itu, minimal laptop yang kamu incar minimal memiliki RAM berkapasitas 4GB dengan teknologi DDR4 atau yang lebih tinggi serta kemampuan dapat diupgrade.

4. Daya tahan baterai
Tentunya bermain game dapat membuat komsumsi baterei laptopmu semakin meningkat. Oleh karena, sebaiknya kamu memilih laptop dengan kapasitas baterai yang bisa kamu andalkan bermain game dalam jangka waktu yang cukup lama misalnya 2 jam.

Sebaiknya kamu memilih laptop yang baterainya dapat dicabut sehingga memudahkanmu jika ingin menggantinya saat rusak. Pastikan kamu juga jangan menggunakan laptopmu tanpa baterai dengan kondisi di-charge karena hal ini dapat merusak perangkatmu terutama jika listrik padam secara tiba-tiba.

5. Layar laptop
Biasanya laptop gaming memiliki ukuran layar diatas 15inci. Hal ini dimaksudkan agar pengguna lebih nyaman bermain game dengan layar yang lebih luas.

Bukan hanya itu, resolusi layar serta jenis layar yang digunakan wajib pula kamu pertimbangkan. Sebaiknya kamu mempertimbangkan laptop yang memiliki resolusi layar minimal HD serta jenis layar yang digunakan adalah teknologi IPS.

Hal ini dapat menjamin kualitas grafis yang ditampilkan layar laptop lebih bagus.